Latar Belakang :
Kementerian Pertahanan dan Keamanan Republik Indonesia di dalam mengemban tugas pokoknya perlu didukung oleh masyarakat sebagai salah satu komponen pendukung Sistem Pertahanan Nasional. Maka dalam rangka mewujudkan kedaulatan negara di ranah siber, perlu dilakukan sosialisasi dan pembinaan di dalam memberdayakan potensi pertahanan untuk melindungi aset strategis bangsa melalui penguasaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.
Tema Kegiatan :
“Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Memperkuat Ketahanan Siber Dalam Rangka Mendukung Sistem Pertahanan Negara”.
Syarat dan Ketentuan :
A. Kompetisi ini terbuka untuk Warga Negara Indonesia (WNI)
B. Kompetisi ini akan dibagi ke dalam 5 (lima) wilayah:
1. Wilayah I meliputi seluruh Provinsi di Sumatera
2. Wilayah II meliputi seluruh Provinsi di Jawa dan Madura
3. Wilayah III meliputi seluruh Provinsi di Bali, Nusa Tenggara dan Timor
4. Wilayah IV meliputi seluruh Provinsi di Kalimantan dan Sulawesi
5. Wilayah V meliputi seluruh Provinsi di Maluku dan Papua.
C. Peserta kompetisi dibagi berdasarkan kelompok umur:
1. Kategori Umum:
- telah berumur 18 tahun pada tanggal 12 Februari 2014
- dibuktikan dengan tanda identitas diri (KTP/SIM)
2. Kategori Pelajar:
- telah berumur 13 tahun dan maksimal berumur 18 tahun pada tanggal 12 Februari 2014
- dibuktikan dengan tanda identitas diri (Akta Lahir/Kartu Pelajar/Surat Keterangan Orang Tua.)
D. Setiap peserta bergabung ke dalam satu tim, dengan ketentuan:
1. Terdiri dari minimal 3 (tiga) orang anggota dan maksimal 5 (lima) orang anggota
2. Seluruh anggota tim harus berasal (mewakili) dari wilayah kompetisi yang sama
Contoh :
Seluruh anggota tim berasal dari satu kota yang sama atau berlainan kota asalkan masih dalam wilayah kompetisi yang sama. Misalnya : Tiga anggota dari kota Medan, satu dari Padang dan satu lagi dari Banda Aceh – semuanya dari Wilayah Kompetisi I (Sumatera).
3. Setiap tim menunjuk 1 (satu) orang diantara anggota sebagai koordinator (kapten) tim
4. Pada saat kompetisi online berlangsung anggota tim boleh berada di sembarang wilayah
5. Pada saat kompetisi offline berlangsung seluruh anggota tim harus hadir di lokasi
6. Tim Kategori Pelajar menunjuk satu orang Guru/Orang Tua/Wali/Pengasuh sebagai pendamping.
CATATAN: peran koordinator (kapten) tim dan alamat emailnya sangat penting – gunakan layanan email yang handal dan aman. Untuk selanjutnya proses pendaftaran (registrasi) dan komunikasi dengan panitia HANYA akan dilakukan oleh koordinator (kapten) tim melalui email, termasuk pada saat pendistribusian materi dan tugas kompetisi.
E. Kompetisi dilangsungkan dalam 2 (dua) tahapan, yaitu:
1. Kompetisi Online, sebagai babak PENYISIHAN
2. Kompetisi Offline, sebagai babak FINAL.
F. Terdapat 4 (empat) jenis uji kompetensi pada setiap tahapan kompetisi, yaitu:
1. Forensic, menguji kemampuan tim di dalam menangani dan menemukan bukti-bukti terjadinya serangan terhadap sistem yang dikelolanya
2. Penetration Test, menguji kemampuan tim di dalam mencari dan menemukan celah keamanan pada sistem yang dikelolanya
3. Computer Network Defence (CND), menguji kemampuan tim di dalam mempersiapkan sistem agar aman dan dapat mengamati, mencegah dan mempertahankan sistem yang dikelolanya dari setiap serangan
4. Capture The Flag (CTF), menguji kemampuan tim di dalam upaya menembus perimeter keamanan sistem lawan dan menemukan data yang dilindungi.
G. Ketentuan Kompetisi
1. Peserta menyediakan sendiri laptop dan perlengkapannya, panitia tidak menyiapkan cadangan
2. Peserta wajib mengenakan pakaian seragam dan tanda pengenal yang telah disediakan
3. Peserta hadir 10 menit sebelum acara dimulai dan mengisi daftar hadir setiap hari
4. Hal-hal lain yang memerlukan keterangan lebih lanjut dapat menghubungi email Panitia
5. Peserta wajib mengikuti gladi kotor dan gladi bersih sebelum kompetisi online
- Pertanyaan mengenai permasalahan umum dialamatkan ke info@cybercompetition.kemhan.go.id
- Pertanyaan mengenai permasalahan teknis dialamatkan ke teknis@cybercompetition.kemhan.go.id
- Pertanyaan mengenai permasalahan pendaftaran dialamatkan ke registrasi@cybercompetition.kemhan.go.id
6. Panitia tidak melayani komunikasi dalam bentuk lainnya, kecuali untuk kebutuhan surat menyurat.
Sumber http://cybercompetition.kemhan.go.id/
B. Kompetisi ini akan dibagi ke dalam 5 (lima) wilayah:
1. Wilayah I meliputi seluruh Provinsi di Sumatera
2. Wilayah II meliputi seluruh Provinsi di Jawa dan Madura
3. Wilayah III meliputi seluruh Provinsi di Bali, Nusa Tenggara dan Timor
4. Wilayah IV meliputi seluruh Provinsi di Kalimantan dan Sulawesi
5. Wilayah V meliputi seluruh Provinsi di Maluku dan Papua.
C. Peserta kompetisi dibagi berdasarkan kelompok umur:
1. Kategori Umum:
- telah berumur 18 tahun pada tanggal 12 Februari 2014
- dibuktikan dengan tanda identitas diri (KTP/SIM)
2. Kategori Pelajar:
- telah berumur 13 tahun dan maksimal berumur 18 tahun pada tanggal 12 Februari 2014
- dibuktikan dengan tanda identitas diri (Akta Lahir/Kartu Pelajar/Surat Keterangan Orang Tua.)
D. Setiap peserta bergabung ke dalam satu tim, dengan ketentuan:
1. Terdiri dari minimal 3 (tiga) orang anggota dan maksimal 5 (lima) orang anggota
2. Seluruh anggota tim harus berasal (mewakili) dari wilayah kompetisi yang sama
Contoh :
Seluruh anggota tim berasal dari satu kota yang sama atau berlainan kota asalkan masih dalam wilayah kompetisi yang sama. Misalnya : Tiga anggota dari kota Medan, satu dari Padang dan satu lagi dari Banda Aceh – semuanya dari Wilayah Kompetisi I (Sumatera).
3. Setiap tim menunjuk 1 (satu) orang diantara anggota sebagai koordinator (kapten) tim
4. Pada saat kompetisi online berlangsung anggota tim boleh berada di sembarang wilayah
5. Pada saat kompetisi offline berlangsung seluruh anggota tim harus hadir di lokasi
6. Tim Kategori Pelajar menunjuk satu orang Guru/Orang Tua/Wali/Pengasuh sebagai pendamping.
CATATAN: peran koordinator (kapten) tim dan alamat emailnya sangat penting – gunakan layanan email yang handal dan aman. Untuk selanjutnya proses pendaftaran (registrasi) dan komunikasi dengan panitia HANYA akan dilakukan oleh koordinator (kapten) tim melalui email, termasuk pada saat pendistribusian materi dan tugas kompetisi.
E. Kompetisi dilangsungkan dalam 2 (dua) tahapan, yaitu:
1. Kompetisi Online, sebagai babak PENYISIHAN
2. Kompetisi Offline, sebagai babak FINAL.
F. Terdapat 4 (empat) jenis uji kompetensi pada setiap tahapan kompetisi, yaitu:
1. Forensic, menguji kemampuan tim di dalam menangani dan menemukan bukti-bukti terjadinya serangan terhadap sistem yang dikelolanya
2. Penetration Test, menguji kemampuan tim di dalam mencari dan menemukan celah keamanan pada sistem yang dikelolanya
3. Computer Network Defence (CND), menguji kemampuan tim di dalam mempersiapkan sistem agar aman dan dapat mengamati, mencegah dan mempertahankan sistem yang dikelolanya dari setiap serangan
4. Capture The Flag (CTF), menguji kemampuan tim di dalam upaya menembus perimeter keamanan sistem lawan dan menemukan data yang dilindungi.
G. Ketentuan Kompetisi
1. Peserta menyediakan sendiri laptop dan perlengkapannya, panitia tidak menyiapkan cadangan
2. Peserta wajib mengenakan pakaian seragam dan tanda pengenal yang telah disediakan
3. Peserta hadir 10 menit sebelum acara dimulai dan mengisi daftar hadir setiap hari
4. Hal-hal lain yang memerlukan keterangan lebih lanjut dapat menghubungi email Panitia
5. Peserta wajib mengikuti gladi kotor dan gladi bersih sebelum kompetisi online
- Pertanyaan mengenai permasalahan umum dialamatkan ke info@cybercompetition.kemhan.go.id
- Pertanyaan mengenai permasalahan teknis dialamatkan ke teknis@cybercompetition.kemhan.go.id
- Pertanyaan mengenai permasalahan pendaftaran dialamatkan ke registrasi@cybercompetition.kemhan.go.id
6. Panitia tidak melayani komunikasi dalam bentuk lainnya, kecuali untuk kebutuhan surat menyurat.
Sumber http://cybercompetition.kemhan.go.id/
No comments:
Post a Comment