BLOGGER INDONESIA Hujan Kuis Berhadiah: Diplomat Success Challenge Season 3

HTML/JavaScript

Tuesday 24 July 2012

Diplomat Success Challenge Season 3


Diplomat Success Challenge merupakan ajang pencarian calon pengusaha andal dengan ide bisnis paling brilian. Dalam ajang ini, peserta harus mengirimkan proposal ide bisnis untuk kemudian disaring oleh tim seleksi. Calon peserta dan proposalnya yang lolos di penyeleksian akan diikutsertakan ke tahap berikutnya. Di tahap ini para peserta memiliki sebutan baru, yaitu Challenger.

Peraturan dan Tata Cara Kompetisi 

A. Judul Kompetisi : “DIPLOMAT SUCCESS CHALLENGE” - Season 3
B. Tujuan Kompetisi
  1. Menarik minat masyarakat untuk mengembangkan ide-ide bisnis yang kreatif.
  2. Memberikan kesempatan kepada mereka yang ingin menjadi wirausahawan, untuk merealisasikan ide bisnis kreatifnya.
  3. Menekankan dan mengembangkan unsur kompetisi para calon wirausahawan dalam dunia usaha.
C. Pesan Moral
Kompetisi ini memiliki pesan moral dan dorongan sebagai berikut :
  1. Lakukan segera, apa yang menurut anda terbaik pada kesempatan pertama (Go Action!).
  2. Kembangkan terus kegiatan yang telah dilakukan pada kesempatan-kesempatan selanjutnya.
  3. Tumbuh kembangkan hasrat dan daya saing dalam dunia persaingan dengan baik dan benar dalam dunia usaha.
D. Kepesertaan.
Kompetisi ini terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia, baik pria maupun wanita dengan syarat-syarat sebagai berikut :
  1. Berkeinginan untuk berwirausaha atau yang sudah menjadi wirausaha pemula.
  2. Berdomisili di Indonesia.
  3. Usia 20 s/d 40 tahun.
  4. Sehat jasmani dan rohani serta terbebas dari narkoba.
  5. Tidak memiliki hubungan kekeluargaan, kepegawaian atau bisnis selama 1 (satu) tahun terakhir dengan pihak penyelenggara kompetisi antara lain dengan:
    • PT. Gelora Djaja dan Wismilak Group
    • PT. Matari Advertising.
    • Anala Management
    • Ganesha Entrepreneur Club
    • Inke Maris & Associates
    • Pihak-pihak yang terlibat dalam pengembangan, produksi, distribusi atau pengesahan lain dari DSC.
E. Pengiriman Dokumen Kompetisi.
Dokumen-dokumen untuk mengikuti kompetisi sudah harus diterima oleh penyelenggara selambat-lambatnya tanggal 16 September 2012

Dokumen-dokumen tersebut terdiri atas:
  1. Formulir pendaftaran dan deskripsi proposal dalam bahasa Indonesia (format disediakan oleh panitia dan dapat diakses melalui situs: http://www.wismilak-diplomat.com).
  2. File fotokopi KTP / Passport (maksimal 200 kb, format JPG).
  3. File foto setengah badan dan seluruh badan (masing-masing maksimal 200 kb, format JPG).
     
F. Proposal.
  1. Setiap peserta hanya diperkenankan mengirimkan satu proposal dengan uraian sebagai berikut :
    1. Judul.
    2. Ringkasan ide bisnis.
    3. Gambaran singkat produk atau jasa yang ditawarkan.
    4. Potensi dan segmentasi pasar.
    5. Strategi pemasaran.
    6. Analisa keuangan.
  2. Orisinalitas.
    Semua proposal yang diikutsertakan dalam kompetisi harus orisinal  dan milik / ciptaan sendiri dan bukan merupakan proyek atau bagian dari  proses studi / perkuliahan. Bila kemudian diketahui melanggar salah satu  atau beberapa hal diatas, maka peserta akan didiskualifikasikan dari  kompetisi ini.
  3. Hak cipta.
    Pelanggaran atas hak cipta milik pihak ketiga mengakibatkan peserta  secara otomatis didiskualifikasi dari kompetisi ini. Bila ada klaim dari  pihak pemegang / pemilik hak cipta maka hal itu adalah tanggung jawab  dari peserta termasuk biaya-biaya yang timbul. Hak cipta dari ide bisnis  yang diikutsertakan dalam kompetisi ini tetap menjadi milik peserta.
  4. Seleksi Proposal/Peserta.
    Hasil seleksi proposal yang dilakukan oleh panitia seleksi adalah keputusan final yang tidak dapat diganggu gugat.

    Tahapan-tahapan seleksi proposal adalah sebagai berikut :
a. Proposal-proposal yang diterima  panitia sampai batas akhir pendaftaran akan dipilih melalui seleksi  tahap pertama yang dibagi atas 3 (tiga) region, West Region  – DKI, Banten, Jawa Barat, dan Sumatera, Central Region - Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Kalimantan, East Region – Jawa Timur, Sulawesi dan Indonesia bagian Timur.
Masing-masing region akan dipilih 30 (tiga puluh) proposal untuk diaudisi. Hasil audisi dari 30 proposal di masing- masing  region akan dipilih 6 (enam) proposal terbaik yang  berhak mengikuti seleksi tahap selanjutnya.
b. Finalis yang berjumlah 6 (enam) peserta di masing-masing region tidak boleh memberikan informasi dalam bentuk apapun, melalui media apapun, tentang  hasil yang diperoleh dalam program ini selama program sedang berlangsung.
c. Setelah   terpilih 6 (enam) finalis di masing-masing region, dimulailah proses pemilihan pemenang lokal yang diawali dari West Region, kemudian Central Region dan East Region yang berselang 4-5 hari antar region.
Laptop dan LCD proyektor  disediakan oleh penyelenggara. Materi presentasi harus disiapkan oleh  peserta dalam format Microsoft Office – Powerpoint atau dalam format PDF.

d. 1 (satu) pemenang utama dari masing-masing region akan berhak melaju ke babak Grand Final di Jakarta untuk memperebutkan modal usaha utama.

G. Penjurian
  1. Untuk seleksi tiap region menggunakan penilaian berdasarkan kriteria yang ditetapkan yaitu Orisinalitas, Inovasi, Kejelasan Pemaparan, Visi dari realisasi ide bisnis, Feasibilitas ide bisnis baik sisi teknis maupun marketingnya, Nilai kompetitif dari ide bisnis dalam realisasinya.
  2. Keputusan penjurian oleh Dewan Juri bersifat final dan tidak dapat  diganggu gugat. Penilaian oleh Dewan Juri dilakukan melalui diskusi,  debat, ujian / soal, dan game.
H. Pemenang dan Hadiah.
  1. Di tingkat region/lokal, dari 6 (enam) finalis di masing-masing region akan dipilih 3 (tiga) proposal terbaik, 2 (dua) runner up masing-masing akan mendapat modal usaha Rp. 15.000.000,- dan 1 (satu) pemenang utama mendapat tiket ke Grand Finale Di jakarta.
  2. Di tahap Grand Finale akan terpilih 1 (satu) orang pemenang dan 2 (dua) runner up Grand Finale.
  3. Pemenang utama Grand Finale akan mendapat modal usaha sebesar Rp. 500.000.000 (Lima ratus juta rupiah). 2 (dua) runner up grand final masing-masing akan mendapatkan modal usaha sebesar Rp. 200.000.000 (dua ratus juta rupiah).
  4. Peserta yang proposalnya terpilih untuk lolos audisi di tingkat region diperbolehkan meng-upload video profile dirinya di video channel Diplomat Success Challenge Season 3 yang kemudian divoting oleh khalayak umum. Konten video profile yang ditayangkan adalah hasil seleksi dari panitia. Pemenang favorit video  profile Diplomat Success Challenge Season 3 tersebut akan memperoleh hadiah sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah).
  5. Pajak – pajak atas hadiah, termasuk tapi tidak terbatas pada pajak dikenakan atas hadiah, ditanggung oleh pemenang.
  6. Hadiah yang diperoleh oleh pemenang harus dijadikan modal oleh pemenang untuk mewujudkan atau mengembangkan ide bisnis kreatifnya, yang harus dipertanggungjawabkan olehnya kepada PT Gelora Djaja selaku sponsor utama event DSC. Untuk itu pemenang harus membuat surat pernyataan.
  7. Pemenang harus bersedia menjadi brand ambassador “Wismilak Diplomat” tanpa kompensasi. Untuk itu pemenang juga harus membuat surat pernyataan dalam batas waktu yang telah ditentukan.
I. Lain-lain.
Hak siar/penayangan program.
Sepanjang tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku, peserta  menyetujui pengambilan gambar selama berlangsungnya penyelenggaraan kompetisi dan penyelenggara berhak menyiarkan sebagian atau seluruhnya tanpa memberikan kompensasi kepada peserta.

No comments:

Post a Comment